Selamat datang diblog sederhana ini, tempat berbagi, saling bertukar informasi dan peluang usaha..semoga bermanfaat

8 Februari 2012

Muhasabah Imam Abu Yusuf

MAM ABU YUSUF yang merupakan murid Imam Abu Hanifah merupakan hakim di masa kekuasaan Harun Ar Rasyid. Satu saat beliau pernah mengadili kasus perselisihan antara Harun Ar Rasyid dengan seorang nasrani dan beliau memenangkan si nasrani.
Dan menjelang wafat, Imam Abu Yusuf menyampaikan,”Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa aku menjabat urusan ini aku tidak condong kepada salah satu dari dua pihak yang berselisih meskipun di dalam hati, kecuali dalam kasus perselisihan antara nasrani dan Ar Rasyid, kecenderungan dalam hatiku tidak sama. Yakni hatiku mengharap agar kebenaran berpihak kepada Ar Rasyid, sedangkan aku telah memenangkan nasrani atas Ar Rasyid." Kemudian beliau menangis. (Ad Dur Al Mukhar, 4/313)

Kecenderungan hati seorang hakim terhadap salah satu dari dua pihak yang berselisih sudah dianggap oleh Imam Abu Yusuf sebagai kecacatan, meskipun dalam praktiknya kecenderungan itu tidak mempengaruhi hasil pengadilan. Dan dalam hal ini, Imam Abu Yusuf hanya mengalami sekali saja dalam kasus-kasus yang pernah beliau tangani. Semoga hakim-hakim saat ini bisa mengambil tauladan dari Imam Abu Yusuf.

sumber:Hidayatullah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar