Selamat datang diblog sederhana ini, tempat berbagi, saling bertukar informasi dan peluang usaha..semoga bermanfaat

10 Agustus 2009

Kelereng Tujuh Belasan

anak-anak itu riang gembira. tertawa dan tergelak dengan apa yang mereka lakukan. menyenangkan...! padahal apa yang mereka lakukan hanyalah permainan sederhana dan murah meriah. permainan sederhana namun banyak nilai yang bisa dipetik darinya. ada kebersamaan, ada ketelitian dan kecermatan dan bahkan ada sportifitas disana. permainan itu adalah permainan kelereng atau gundu atau ada juga daerah tertentu bilang nekeran.

permainan kelereng biasanya dilakukan beberapa anak dengan jarak tertentu, mereka membuat satu lubang mirip lubang golf...tetapi jangan bayangkan ditengah padang nan luas dan dihamparan permadani hijau rumput padang golf. lubang itu hanyalah tanah yang sedikit diceruk, dan bahkan dengan amat mudah dan tanpa alat sama sekali untuk membuatnya, cukup dengan menekankan tumit dengan keras ketanah dan memutarnya...krrrkkk..jadilah lubang untuk bertanding.

kebersamaan akan menjadikan mereka saling mengenal satu sama lain, saling membantu dan menolong. dan bahkan akan menjadikan mereka sahabat, menghilangkan sekat-sekat perbedaan status sosial orang tua mereka.

kecermatan dan ketelitian diperlukan dimasa datang untuk membentuk keunggulan komparatif. dengan ketelitian dan kecermatan maka secara tidak sadar anak sudah terbiasa untuk dekat dengan nilai-nilai empiris. memungkinkan dimasa datang memiliki keunggulan apabila kemampuan itu diasah dengan baik. menjadikannya unggul dan terdepan, bukankah suatu negara akan maju dengan penelitian-penelitian? dan bukankah penelitian itu bermodal awal kecermatan dan ketelitian?

sportifitas menjadikan anak berjiwa besar. bisa menerima kekalahan sekaligus mengakui kelebihan orang lain. sportifitas akan menjadikan mereka laki-laki sejati. laki-laki yang bukan pengecut. laki-laki yang menjunjung nilai-nilai kebenaran.

sepertinya para pembesar negeri ini perlu kembali bermain gundu bersama untuk mengasah nilai-nilai itu semua. DIRGAHAYU INDONESIAKU...!!
MAJULAH NEGERIKU...MULIALAH BANGSAKU...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar