Selamat datang diblog sederhana ini, tempat berbagi, saling bertukar informasi dan peluang usaha..semoga bermanfaat

26 Agustus 2009

Qaradhawi Keluarkan Fatwa Waktu Buka Puasa Penumpang Pesawat Selasa, 25 Agustus 2009 11:03 DR. Yusuf al-Qaradhawi

warnaislam.com — Ketua Asosiasi Ulama Islam Internasional, Yusuf Al-Qaradhawi mengeluarkan fatwa terkait penentuan waktu berbuka puasa bagi penumpang pesawat terbang, beliau menegaskan bahwa waktu buka puasa mereka bergantung pada waktu terbenamnya matahari, seperti dikutip Mafkarah dari harian al-khaleej Selasa (25/8).



“Waktu puasa dan berbuka bagi penumpang pesawat terbang tidak mengikut siapapun, tidak pula negara tempat keberangkatan maupun negara tujuan, karena waktu maghrib mereka (waktu buka puasa) dengan terbenamnya matahari yang mereka lihat” tegas Qaradhawi.

Ketua Asosiasi Ulama Islam Internasional ini juga meminta pada seluruh maskapai penerbangan Arab untuk mengingatkan para pilot mereka agar memperhatikan masalah ini serta berbuka puasa setelah terbenamnya matahari.

Sewaktu kepulangan Qaradhawi dari Mesir menuju Dhoha Qatar hari pertama puasa Ramadhan, beliau kaget ketika pilot pesawat yang notabene adalah seorang non-muslim mengumumkan pada para penumpang bahwa waktu berbuka puasa telah tiba, sementara matahari masih terlihat jelas dan hari masih siang, alasan pilot itu karena negara yang tengah dilewati telah shalat maghrib, sehingga waktu buka puasa ikut mereka.

Beliau langsung bilang pada orang-orang sekitarnya: “kalian belum boleh berbuka sebelum matahari terbenam, karena waktu shalat maghrib belum masuk, apakah menurut kalian kita telah boleh shalat maghrib sekarang (dalam kondisi matahari yang terlihat jelas dan hari masih siang)? Lantas mereka menjawab: “belum”. "Demikian halnya berbuka, karena buka puasa tidak boleh sebelum waktu maghrib” pungkas Qaradhawi. (Arif Fortuna/MI)
penulis :
Mochamad Ilyas: www.warnaislam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar